Senin, 23 April 2012

Syntax Dasar PHP



Baris perintah PHP dapat diletakkan di mana saja di dalam sebuah halaman web dan memiliki bentuk panjang "<?php" sebagai awalan dan tanda "?>" sebagai akhiran.
Akan tetapi, pada beberapa server yang mempunyai dukungan penuh terhadap fungsi PHP, kita dapat menggunakan bentuk pendeknya: "<?" sebagai awalan dan diakhiri dengan "?>".
Jadi, untuk amannya, sebaiknya kita menggunakan bentuk panjang perintah PHP.
<?php
?>
Sebuah halaman yang berbasiskan fungsi PHP dapat juga mengandung baris perintah HTML, dan sebaliknya, halaman yang berbasiskan HTML dapat juga digabungkan dengan baris perintah PHP.
Berikut adalah contoh penggunaan baris perintah PHP yang sederhana. Baris ini berfungsi untuk menampilkan teks "Halo!" ketika file dibuka melalui browser:
<html>
<body>
<?php
echo "Halo!";
?>
</body>
</html>
Setiap baris perintah fungsi PHP harus diakhiri dengan tanda ";". Tanda ";" berfungsi sebagai pemisah fungsi PHP yang satu dengan fungsi PHP yang lainnya.
Terdapat 2 jenis pernyataan/deklamasi (statement) dasar untuk menampilkan teks dalam fungsi PHP; yaitu: echo dan print.. Pada contoh diatas, kita sudah menggunakan statement "echo" untuk menampilkan teks "Halo!".
Sebuah file halaman berbasiskan fungsi PHP HARUS disimpan dengan ekstensi "*.php" agar browser dapat menampilkan halaman tersebut sesuai dengan basis perintah halamannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar